8 MITOS TENTANG PERAWATAN KULIT

Ada banyak informasi yang salah kaprah atau tidak akurat mengenai perawatan kulit. Baca panduan kami mengenai mitos perawatan kulit yang paling umum.

1 Saya harus sering mengubah perawatan kulit karena kulit selalu beradaptasi.
Jika produk perawatan kulit pilihan saat ini sudah cocok dengan kulit Anda, tidak ada alasan untuk mengubah/mengganti produk-produk tersebut. Ini berlaku terutama untuk produk perawatan kulit dengan hasil uji klinis dan efektifitas selama periode waktu pemakaian tertentu. Yang harus Anda ingat adalah adalah mengadaptasikan rutinitas perawatan kulit Anda sesuai dengan kebutuhan kulit, yang dapat berubah dikarenakan musim yang berbeda, adanya perubahan hormonal dll.

2 Saya tidak perlu tabir surya pada hari berawan
Awan tidak akan menghalangi dampak buruk akibat terpapar sinar matahari. 80% dari sinar UV yang menyebabkan kerusakan pada kulit akibat sinar matahari dapat menembus awan, sehingga Anda masih bisa terkena sengatan matahari pada hari berawan.

3 Produk dengan SPF 30 memberikan dua kali lebih banyak perlindungan dibandingkan dengan produk yang memiliki SPF 15
SPF mengacu pada kemampuan tabir surya untuk memblokir sinar ultraviolet B (UVB), yang menyebabkan kulit terbakar, bukan UVA, yang menyebabkan kerusakan kulit yang lebih dalam. SPF tidak menyatakan berapa banyak radiasi yang dapat ditahan melainkan berapa lama kulit dapat bertahan di bawah terik matahari sampai kulit menjadi terbakar. Tabir surya dengan SPF 15% dapat menjaga kulit hingga 93% dari radiasi UVB, sedangkan tabir surya SPF 30 dapat melakukan hal yang sama hingga hampir 97%.

4 Pori-pori dapat membuka dan menutup
Pori-pori tidak memiliki otot karena itu tidak dapat membuka dan menutup. Membersihkan dua kali sehari, akan membuat pori-pori terlindung dari kotoran dan dengan demikian, akan terlihat lebih kecil.

5 Bahan alami lebih baik daripada bahan sintetis
Bahan alami tidak selalu lebih baik dari sintetis, begitupun sebaliknya. Beberapa bahan sintetis telah diuji dan digunakan secara aman dalam kosmetik selama puluhan tahun sedangkan beberapa bahan alami yang digunakan berlebihan dapat menyebabkan ruam dan iritasi kulit.

6 Kulit saya berminyak, jadi saya tidak perlu pelembap
Pelembap diformulasikan khusus untuk: Melembapkan! Semua jenis kulit membutuhkannya. Anda hanya perlu memilih pelembap untuk yang disesuikan untuk kulit berminyak. Pilih yang berbentuk gel karena memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan krim.

7 Perawatan anti-penuaan hanya perlu dimulai setelah tanda-tanda penuaan muncul

Merawat kulit harus dimulai sejak usia dini karena faktor penyebab penuaan utama seperti paparan sinar matahari, memiliki efek kumulatif selama bertahun-tahun. Oleh karena itu penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya, dan selalu menjalankan rutinitas perawatan kulit sehari-hari dengan menggunakan pembersih, toner, krim mata, serum, krim pagi dan krim malam. Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit yang selalu berubah-ubah.

8 Tidak banyak yang bisa saya lakukan selama proses penuaan kulit saya, DNA ibu saya telah menentukannya
DNA menentukan hanya sebagian kecil dari keseluruhan tampilan kulit Anda. Sedangkan produk, cara merawat kulit dan gaya hidup dapat mempengaruhi 80% proses penuaan kulit. Hanya 20% dari yang terjadi dengan kulit Anda bersifat genetik. Ingat! Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama penuaan dini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *